Prinsip Total Quality Management, atau yang lebih dikenal dengan TQM adalah prinsip management dalam memaksimalkan kualitas sesuai dengan produknya. Bila bergerak pada bidang jasa, berarti totalitas perusahaan dalam mengedepankan kualitas jasa yang ia berikan. Begitu juga dengan produk barang, dengan produksi barang yang berkualitas, diharapkan perusahaan akan mendapatkan reward yang baik, serta citra yang baik pula, sehingga konsumen dapat menikmati dengan baik apa yang dia harapkan terhadap barang atau jasa tersebut. (brief)
Perkembangan dunia industri yang semakin cepat menyebabkan semakin kompleknya aktivitas yang dilakukan oleh manusia, hal ini menuntut para pemimpin perusahaan agar semakin berhati-hati dalam menyusun rencana dan tindakan yang diambil dalam abersaing dengan perusahaan lain untuk memasarkan produknya.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain adalah dengan meningkatkan kualitasnya. Kualitas tidak hanya pada produk yang kita buat tetapi kualitas manajemen perusahaan sangat berarti juga dan menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memesan produk, oleh karena itu cara yang dapat diterapkan adalah aplikasi berbagai prinsip Total Quality Managemen (TQM). Selain adanya penerapan juga mendapatkan sertifikasi internasional mengenai produk yang telah dibuatnya dari badan organisasi ISO. Hal inilah yang sangat diperhatikan dan dicermati oleh para pelanggan selain pelayanan dan produk yang dihasilkan.

0 komentar:
Post a Comment