10 menit Membuat Website Gratis | IT Garut | Tips | Trik | Ilmu Komputer | Download Tutorial Komputer 10 menit Membuat Website Gratis : IT Center Garut

10 menit Membuat Website Gratis

Bagi para blogger pasti sudah paham bagaimana membuat blog. Karena memang mudah membuatnya. Yang umum para blogger memanfaatkan fasilitas wordpress, blogspot, dan lainnya. Namun, semakin lama seorang blogger memanfaatkan fasilitas tadi, semakin terasa banyak kekurangan. Kemudian, muncul ide bagaimana menggabungkan fasilitas (misalnya wordpress) tadi dengan domain dan hosting, baik salah satunya gratis, atau juga tersedia yg dua-duanya gratis. Domain kata orang seperti “ toko” yaitu sebagi tempat penyajian, sedangkan hosting sebagai tempat “penyimpanan”.
Dari pengalaman, awalnya saya memanfaatkan domain co.cc dan hosting 000.webhost.com untuk menginstal wordpress, yang keduanya gratis alias free! Kendalanya, seringkali banyak dari kita tidak sabar. Karena apa, setelah kita siapkan domain, terus kita setting Hosting sampai selesai, hasilnya tidak bisa langsung dilihat. Minimal, baru dua hari web yg kita buat baru bisa diakses/aktif. Jadi ada jeda menunggu yg membuat orang jadi enggan, apalagi bagi newbie/pendatang baru.
Apasih kelebihan, menginstal wordpress pada hostingan sendiri? Utamanya, yaitu tadi di wordpress.com kita tidak bisa menambahkan plugin, theme, dan install javascript. Serta kita tidak bisa mengcustomize sesuai dengan selera kita. Satu-satunya jalan ya harus pakai hosting sendiri. Kalau nggak mau mengeluarkan biaya pakai yang gratisan aja. Dibawah ini saya sajikan, bagaimana menginstal wordpress pada domain dan hosting gratis, mudah dan hasilnya bisa langsung diakses/aktif.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka webhost
2. Klick Sign-Up / Order
3. Isikan nama website yg kita inginkan pada bagian: I will choose your free subdomain (recommended)
4. Masukkan nama, email, password, ketik angka verifikasinya
5. Pilih: I agree to term and service
6. Klik : Create My Account
7. Tunggu sebentar, sampai muncul : Account Details Overview (1 halaman ini dicopi di word dan save, suatu saat kalau anda ingin otak-atik blog anda pakai FTP atau C-panel) Kemudian …….
Masuk CPpanel dengan cara :
1. buka www.000webhost.com
2. isikan e-mail dan pasword
3. klik: Go To CPanel
4. Pilih : fantastico autoinstaler (bagian Software/Services)
5. Pilih: WordPress, klik : new installation
6. Langsung ke Admin access data, Isikan admin user dan password (untuk masuk/login blog, harus diingat ya), klik Install WordPress. Lihat di bagian akhir: Account Information ada alamat web dan username (Tolong diingat/dicatat, beserta passwordnya)
7. Selesai, tinggal dipercantik blognya.
Kalau mau posting silakan klik login di bagian meta, dan isi username dan password anda. Terus klik posting dst………

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment