Manfaat Toko Online | IT Garut | Tips | Trik | Ilmu Komputer | Download Tutorial Komputer Manfaat Toko Online : IT Center Garut

Manfaat Toko Online

khir-akhir ini istilah tentang Toko Online semakin menggaung di tanah air kita. Dimana para penjual (Distributor/Reseller) bisa menjajakan produk-produknya baik berupa barang maupun jasa kepada calon pembeli melalui media internet. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, sehingga tidak sedikit dari kita yang mulai paham tentang penggunaan media internet tersebut termasuk transaksi jual beli secara online di situs toko online.

Bagi seorang pebisnis / wirausahawan / entrepreneur seharusnya dapat mengambil peluang ini untuk meningkatkan volume penjualannya. “Try It or Lose It”. Begitulah ungkapan yang dapat saya gambarkan yang kurang lebih dalam terjemahan Bahasa Indonesia adalah “Coba Ini atau Kehilangan Ini”. Sehingga kita tidak hanya berjualan didunia nyata, tetapi juga dapat menawarkan produk kita di Dunia Online (dunia maya). Ayo jangan sampai kita ketinggalan dengan yang lain !

Apa saja sebenarnya keuntungan-keuntungan atau manfaat yang dapat kita peroleh jika kita memiliki Toko Online? Disini saya akan sharing tentang 3 (tiga) alasan pokok kita harus buka Toko Online sekarang juga sehingga kita memperoleh keuntungannya :

1. Cost Minimize

Barangkali ada diantara kita yang pernah menyewa sebuah ruko untuk jualan dagangannya, memasang iklan di media cetak/media elektronik, atau merekrut beberapa karyawan ? Berapa besar biaya yang kita keluarkan tiap bulan atau tiap tahunnya ? Jangan berputus asa ! solusi nyatanya adalah Buat Toko Online ! Kok bisa ?

Rekan-rekan sekalian, dengan kita memiliki Toko Online maka kita bisa memangkas biaya-biaya seperti biaya sewa ruko, biaya promosi, biaya operasional, dan lainnya.

- Sewa ruko biasanya dilakukan ketika kita berdagang langsung didunia nyata dengan menawarkan produk-produk kita langsung kepada para calon pelanggan. Harga sewa yang paling murah yang saya ketahui adalah sekitar 5 jutaan per tahun dan bahkan ada yang mahal sampai 20 jutaan per tahun dan mungkin ada yang lebih mahal dari harga tersebut (tergantung lokasi). Namun jika kita masih awal-awal dalam berbisnis dan belum ada modal uang yang memadai, maka hal ini bisa kita substitusi (kita ganti) dengan membuat Toko Online serta menyewa domain dan hosting yang harganya sekitar 200 ribu – 500 ribu per tahun (tergantung jenis domain dan kapasitas hosting).

- Dalam memperluas pangsa pasar biasanya kita coba mempromosikan usaha kita, baik di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan sejenisanya) maupun di media elektonik (radio dan televisi). Sebenarnya kita bisa mempromosikan usaha kita melalui media internet baik yang Free maupun yang Commercial. Untuk yang gratis kita bisa menggunakan Social Media (Facebook dan Twitter), Optimasi Search Engine (Google dan Yahoo), Blog Walking, dan sebagainya.

Setelah beberapa hari yang lalu saya memaparkan alasan pertama mengapa kita harus punya Toko Online, yakni untuk Cost Minimize. Nah, berikutnya adalah akan saya paparkan alasan-alasan lainnya (2 alasan) mengapa kita harus punya Toko Online sekarang juga. Berikut uraiannya :

2. Time Efficiency

Coba kita bayangkan jika kita hanya memiliki Toko Offline (Ruko dan sejenisnya). Pada umumnya buka pada jam 08.00 dan tutup pada jam 21.00, artinya kita tidak buka 24 jam dan walaupun buka 24 jam maka akan menambah biaya lagi (biaya listrik, biaya karyawan lembur, dan biaya-biaya lainnya).

Lainnya halnya dengan kita memiliki juga sebuah Web Toko Online (eCommerce) yang hanya investasi Domain dan Hosting, tetapi kita bisa tetap buka sepanjang waktu (online 24 jam di internet) dan kita tinggal menunggu pesanan dari SMS, telepon, email, ataupun chatting. Itulah kelebihan Toko Online yang bisa meminimasi waktu karena kita tidak harus menunggu 24 jam sedangkan produk-produk kita bisa di pajang 7 hari x 24 jam Non Stop.

3. Around The World

Mengapa saya katakan “Around The World” (di seluruh dunia) ? Ya, karena salah satu kelebihan teknologi internet adalah tidak mengenal jarak. Jadi, orang-orang yang ada di luar Indonesia bisa mengakses informasi yang ada di Web Toko Online kita. Sebagai contoh, ada sebuah web site yang menyediakan eLearning Kursus Toko Online di web tersebut di buat oleh sebuah lembaga pelatihan di Indonesia (Jakarta), tetapi sudah memiliki siswa dari Luar Jakarta (Padang, Cirebon, Bali, dan sebagainya) dan bahkan Luar Negeri.

Dan ada juga sebuah perusahaan yang bergerak di bidang PLC juga telah mendapatkan order dari Australia di atas puluhan juta (jumlah pastinya kami sembunyikan karena alasan privasi perusahaan).

Nah itulah internet, selain tidak mengenal waktu, juga tidak mengenal jarak. Karenanya apapun produk kita yang memiliki nilai jual dapat kita promosikan dan kita pasarkan sampai ke seluruh dunia. Let’s Go Online !
Persiapan Materi

1. Display
Foto Produk
Perhatikan foto produk yang akan dipajang, jangan dianggap remeh. Toko online anda merupakan etalase toko anda, bayangkan anda mempunyai sebuah toko disebuah mall. Saya yakin sekali anda tidak akan mendisplay produk anda seadanya atau asal-asalan.

Sebagai contoh toko online produk baju wanita, biasanya hanya ditampilkan hanya dengan patung yang diberi baju. Memang sudah lumrah, tapi cobalah untuk berpikir diluar lumrah (out of the box), misalnya baju dipakai oleh seorang model “dadakan” , cari sanak saudara anda yang bisa diajak kerjasama. Saya yakin kesan para pengunjung toko online anda akan lebih baik.

Warna
Jangan memaksakan selera anda untuk ditampilkan didalam website, yang benar adalah sesuaikan karakteristik produk anda dengan warna tampilan. Fokuskan pada kenyamanan para pengunjung toko online anda. Bagian ini perlu bantuan seorang desainer.

Kalimat
Kekuatan website anda terletak pada kalimatnya, search engine tidak perduli desain tampilan, tapi sangat mementingkan kalimat yang ada didalam website toko online anda. Jangan malas untuk menuliskan detail produk anda, karena ini merupakan salah satu kelemahan para pemilik toko online, karena kebanyakan berpikir bahwa yang paling penting adalah foto produk.

b. Research
Referensi
Perbanyak browsing dan mengamati website toko online yang sudah lebih sukses. Selalu catat hal-hal menarik yang anda temukan, jangan anggap remeh dengan hanya cukup mengerti dan mengingatnya. Karena semua itu adalah pelajaran gratis yang sangat berharga, yang tidak mustahil anda dapat meraih kesuksesan yang sama dengan website yang anda sering pelajari. Sampaikan list catatan anda ke web desainer anda.

Pesaing
Jangan melupakan bahwa anda tidak sendiri di dunia maya. Anda akan menjumpai  banyak pesaing. Saya sarankan tidak perlu panik dan pesimis, tapi ambil yang positif. Misalnya, hal-hal apa saja yang bisa anda terapkan supaya menjadi lebih baik dari toko online yang sudah ada.
2. Pembuatan Toko Online
Dari semua materi yang sudah anda kumpulkan akan diolah menjadi sebuah website. Hal-hal yang perlu  diperhatikan adalah :
a.  Nama Domain
Pilih nama domain yang sedekat mungkin dengan produk anda, misalnya grosirbajumurah.com, tujuannya adalah supaya lebih unggul di search engine.

b.  Kecepatan Akses Website (Hosting)
Pilihan server US atau Indonesia, sangat relatif dengan kecepatan akses. Tidak ada aturan baku bahwa server US lebih baik untuk search engine daripada server Indonesia. Yang terpenting adalah kecepatan akses yang akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung toko online anda.

c.  Sistem yang user friendly
Pilihlah system toko online yang sudah umum, karena semakin mudah orang mengerti sistem yang anda gunakan semakin nyaman mereka berada di toko online anda.
3. Update Produk
Setelah sistem selesai, maka langkah selanjutnya adalah update produk atau upload foto produk anda. Saya sangat menyarankan untuk mengisi detail produk dengan mengulang kata-kata (secukupnya) yang anda bidik sebagai “kata kunci”4. Promosi
Sekali lagi, toko online anda bukan toko “super”. Ada banyak kelebihan dari toko online, tapi ada juga kekurangannya. Tapi pada intinya “secara bisnis”, saya ulangi “secara bisnis” toko online sama dengan toko secara fisik di mall.

Anda butuh traffic, caranya ?
1.  Iklan Baris dan Direktori bisnis
Promosi yang perlu dilakukan adalah dengan menyebarkan informasi melalui iklan baris gratis yang anda pandang cukup banyak pengunjung.  Tapi lagi-lagi jiwa bisnis anda akan diuji disini, karena kata-kata yang akan diiklankan harus bisa menarik calon pengunjung masuk ke toko online anda.

2.  Jejaring Sosial
Minimal anda mengupate beberapa foto produk anda dan tag ke teman-teman anda. Tapi usahakan sedikit kreatif, supaya orang tertarik untuk masuk ke toko online anda.

3.  Search Engine Optimization (SEO)
Jika anda kurang mengerti secara teknis, coba minta pada web designer anda untuk mengoptimalkan beberapa hal dibawah ini :
  1. Title website harus dicantumkan kata kunci yang dibidik
  2. Meta keyword dan description diisi dengan kata-kata yang dominan dari toko online anda, karena itulah arti kata kunci yang sebenarnya.
  3. Url yang search engine friendly, usahakan ditambahkan kata kunci di setiap url
  4. Submit Sitemap ke google webmasters
Untuk memesan product toko online IT Center Garut silahkan bisa di pesan disini

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment