Bentuk dan Jenis Animasi | IT Garut | Tips | Trik | Ilmu Komputer | Download Tutorial Komputer Bentuk dan Jenis Animasi : IT Center Garut

Bentuk dan Jenis Animasi

Bentuk Animasi
animasi didasarkan pada panjang pendeknya cerita, yaitu
1. Animasi Spot, masa durasi 10-60 detik, biasa dipakai untuk iklan, cerita yang sangat pendek
2. Animasi Pocket Cartoon, masa durasi 1- 2 menit.
3. Animasi pendek, masa durasi 2 – 20 menit.
4. Animasi Setengah panjang / Medium Length, masa durasi 20-50 menit
5. Animasi Panjang, masa durasi minimal 50 menit

Jenis animasi
Berdasarkan bahan dasar obyek animasi :
Animasi Kolase / Collage Animation
animasi yang bebas mengembangkan keinginan kita untuk menggerakkan obyek animasi semuanya di meja dudukan kamera.

Penggambaran langsung pada Film
Penggambaran obyek animasi dibuat langsung pada pita seluloid baik positif atau negatif, tanpa melalui runtun pemotretan kamera “stop frame”

Object Animation / Tri-Matra
Obyek animasi tri matra menggunakan karakter obyek animasi, sifat bahan yang dipakai, waktu, cahaya, dan ruang.

A. Animasi Boneka / Puppet animation
Obyek animasi yang dipakai dengan boneka atau figur lainnya merupakan penyederhanaan dari bentuk alam benda yang ada dan mudah untuk digerakkan sewaktu melakukan pemotretan bingkai per bingkai seperti kayu, kain, lilin, kertas, tanah lempung.

B. Animasi Model
Obyek animasi menggunakan bentuk-bentuk abstrak seperti balok, bola, prisma, poramida, silinder, kerucut, molekul. Biasanya untuk animasi non-figur untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan ilmu
pengetahuan alam.

C. Pixilasi / Pixilation
Obyek animasi ini menggunakan figur manusia berbuat atau melakukan
sesuatu adegan.

Berdasarkan Proses Produksi, animasi dikategorikan :
A. Animasi Klasik
Animasi yang menggunakan teknik film animasi gambar sel (Cell Animation) yang memiliki perencanaan dan proses gambar cukup matang untuk menjadi sebuah film animasi yang terkontrol dalam pelaksanaan proses produksinya.

B. Animasi Stop Motion (Stop-Motion Animation)
Animasi ini menganalisa langsung gerak animasi yang dihentikan sesaat pada saat merekam gambar suatu obyek. Yang termasuk animasi ini yang berhubungan dengan teknik shooting / rekam, diantaranya cut-out animation, silhoutte animation, puppets animation.

C. Animasi Komputer / Digital (Digital Animation)
Animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer.
Berdasarkan bahan dasar obyek animasi :
Flat Animasi / Dwi-matra
Animasi ini menggunakan bahan paper / bidang datar yang dapat digambar di atas permukaannya.
A. Animasi Sel / Cel Technique
Animasi ini merupakan dasar film animasi kartun (Cartton animation). Animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas lembaran plastik tembus pandang, biasanya ada cell obyek animasi yang bergerak dan background yang diam
B. Animasi Potongan / Cut-Out Animation
Obyek animasi dirancang, digambar pada lembaran kertas lalu dipotong sesuai dengan bentuk yang telah dibuat dan diletakkan pada sebuah bidang datar sebagai latar belakangnya.
C. Animasi bayangan / Silhoutte Animation)
Obyek animasi berupa bayangan dengan latar belakang terang, karena pencahayaannya berada di belakang layar.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment