a. Modeling 2D ke 3D
Pada proses ini modeler Kojo Anima Studio membuat model 3D menggunakan Maya 7.0, yang sebelumnya sudah di buat dalam bentuk model 2D dalam StoryBoard. Model 2D lalu di transfer ke bentuk model 3D meliputi pembuatan Head modeling, Body modeling, atau modeling lainnya yang berupa background Exterior dan Interior.
Banyak sekali software animasi 3D yang di gunakan, namun di kojo Anima Studio dalam membuat permodlan bentuk 3D serta animasinya menggunakan maya 7.0 dengan Versi terbarunya yang sekarang telah keluar yaitu Autodesk Maya 2010 dari Peusahaan Autodesk Copr.
Silahkan Download Software Autodesk Maya 2009, Klik link Mirror di Bawah Ini :
Download Part 1
Download Part 2
Download Part 3
Berikut ini contoh hasil Modeling karakter 3D
Pada proses ini modeler Kojo Anima Studio membuat model 3D menggunakan Maya 7.0, yang sebelumnya sudah di buat dalam bentuk model 2D dalam StoryBoard. Model 2D lalu di transfer ke bentuk model 3D meliputi pembuatan Head modeling, Body modeling, atau modeling lainnya yang berupa background Exterior dan Interior.
Banyak sekali software animasi 3D yang di gunakan, namun di kojo Anima Studio dalam membuat permodlan bentuk 3D serta animasinya menggunakan maya 7.0 dengan Versi terbarunya yang sekarang telah keluar yaitu Autodesk Maya 2010 dari Peusahaan Autodesk Copr.
Silahkan Download Software Autodesk Maya 2009, Klik link Mirror di Bawah Ini :
Download Part 1
Download Part 2
Download Part 3
Berikut ini contoh hasil Modeling karakter 3D
b. Pemberian Tekstur Pada Karakter dan Background
Setelah modeling karakter, background, assesories sudah beres, lalu di lanjutkan dengan pemberian tekstur pada background, atau sering di sebut dengan pemberian kulit apabila pada sebuah kakater. Pemberian sebuah tekstur bisa dengan menggunakan bantuan software lainnya yang di antaranya Adobe Photoshop.
Contoh Tekstur
Setelah modeling karakter, background, assesories sudah beres, lalu di lanjutkan dengan pemberian tekstur pada background, atau sering di sebut dengan pemberian kulit apabila pada sebuah kakater. Pemberian sebuah tekstur bisa dengan menggunakan bantuan software lainnya yang di antaranya Adobe Photoshop.
Contoh Tekstur
Silahkan Download Software Adobe Photoshop CS3, Klik link Mirror di Bawah Ini :
Download Klik Disini
c. Pemberian Tulang (Rigging) dan Pengikatan Tulang (Skinning) Karakter
Setelah pemberian tekstur dilakukan lalu pada senuah karakter di berikan sebuah tulang-belulang yang sering di sebut dengan Ringging. Ringging Di buat agar memudahkan para animator memberikan animasi dan gerak sebuh karkter, setelah pemberian ringging selesai lalu di lanjutkan dengan proses skinning, yaitu proses pengikatan Surface model ke system tulang yang telah di buat. Untk mempermudah pembuatan keys animasi, pada sistem tulang di buat CC (Control Curva).
Gambar Ringging dan Skinning
d. Animasi
Setelah Proses Rigging dan Skinning sudah beres dilakukan, selanjutnya mulailah dilakukan proses Animasi, baik itu animasi karakter, background, assesories, kamera, sampai kepada effect yang harus digunakan seperti animasi angin, debu, asap dll.
Banyak teknik animasi karakter menggunakan maya, tergantung keinginan studio animasinya, namun yang saya ketahui dan yang digunakan di Kojo Anima Studio di antaranya dalam pembuatan animasi karakter, Kojo Anima Studio menggunakan plugin untuk memudahkan dalam memilih objek yang harus di animasikannya.
TampilaN Plugin Manus
Dengan plugin manus lebih mudah dalam memilih objek yang harus di animasikan, contoh nya apabila kita ingin menggerakan dan memutarkan kepala, kita tinggal memilih dan mengklik kotak yang ada tulisan (H), begitu juga lainnya.
Dan apabila kita ingin menggerakan blendshape gerakan bibir, mata, dan raut muka kita tinggal memilih rigging yang sudah ada dalam sebuah karakter tersebut, tinggal mengaturnya channel box.
Kelebihan mengunakan Maya Animasi yang sudah di buat bisa di simpan dan di gunakan kembali pada scene selanjutnya, contohnya apabila sudah memberikan gerakan berjalan pada sebuah karakter terus di simpannya dengan format AnimExport dan pada saat scene selanjutnya gerakan yang sama di lakukan, kita tinggal mengimportnya kembali animasi gerakan berjalan tersebut.
Selain itu Maya mempunyai banyak kelebihan yaitu dengan dynamics yaitu bisa membuat efek-efek sepeti animasi efek air, fluid, angin, api, dll.
Animasi karakter sudah di buat selanjutnya tinggal menganimasikan background seperti animasi pepohonan, animasi gerakan awan dll.
Sering kali dalam film ada gerakan animasi kamera supaya animasi lebih hidup. Dalam storyboard dan skenario sebuah film suka di d berikan dimana sudut pandang dan karera berada.
e. Lighting
Lighting atau pencahayaan dalam sebuah film tentunya sangat penting, karena menentukan situasi dan memperkuat waktu terjadinya sebuah peristiwa seperti pagi, siang, sore, atau malam. Pencahayan yang disediakan maya sangat banyak da beragam diantaranya ada cahaya lampu ketika dalam ruangan, cahaya matahari, cahaya sore atau pagi, karena tentunya intensitas cahaya masig-masing lighting itu berbeda-beda dan akan sangat memberika pengaruh suasana yang berbeda pula. Oleh karena itu janga abaikan proses ini begitu saja.
Lighting merupakan unsur utama sangat tidak boleh di abaikan dalam proses pembuatan sebuah film baik itu animasi 3D atau Live Action. Hal ini disebabkan karena lighting pada dasarnya merupakan salahsatu unsur film yang dapat mengatur suasana dan emosi pononton yang sedang menikmati karya yang telah kita buat.
Pengaturan cahaya dalam pembuatan animasi 3D menggunakan Maya ada beberapa macam pencahayaan yang bias kita pilh dan gunakan sesuai selera dan kebutuhan kita, seperti cahaya matahari dengan Point Light, ataupun cahaya ruangan dan cahaya lampu dengan Directional light, dan cahaya-cahaya lainnya tergantung kebutuhan dan situasi animasinya sendiri.
Berikut Tampilan lighting pada maya
f. Rendering
Rendering adalah sebuah proses perubahan format objek digital dari file mentah menjadi format file jadi atau setengah jadi. Dalam hal yang kita bahas ini objek yang penulis maksud tersebut adalah file-file animasi.Dalam prosesnya, file animasi metah yang masih berformat .mb atau file format maya akan di ubah menjadi file berformat .iff yang merupakan salah satu jenis file format image sequence.
0 komentar:
Post a Comment